Blogger news

Author

Foto Saya
danang tri febrianto
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Pages

peternakan ayam katek

Kuningan News - Meskipun berperawakan kerdil, unggas ini pantang minder. Ia senang bergaya petentang-petenteng dan tak ragu berkokok lantang. Ayam kate diklaim sebagai ras ayam terkecil di dunia. Meski berbadan cebol, ia bukan ayam murahan. Ayam Kate berkualitas bisa diboyong dengan harga mencapai 400 ribu bahkan lebih perekornya.
Mutu ayam kate ditentukan oleh bobot badan yang ringan, bentuk leher menyerupai huruf S, kepala tertarik jauh kearah belakang, sayap menjuntai tegak lurus ke bawah, dan ekor pedang panjang serta berdiri tegak. Ciri fisik seperti itu membuat ayam kate (serama-Red) berpenampilan tegap menyerupai prajurit yang sedang berbaris.
Menurut Solihin, warga dusun manis Rt/Rw 04/02 Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana kepada Kuningan News (24/5) mengungkapkan, berternak ayam kate berawal dari hobi karena sangat lucu hingga bertambah banyak. untuk beternak ayam kate tidak membutuhkan  tanah yang luas.
“Peminat ayam kate juga banyak, selain untuk hobi, ayam kate juga sering diperlombakan seperti layaknya model yang berjalan diatas catwalk. Budidaya ayam kate ini cukup menjanjikan mas,”paparnya
Sementara kata Solihin, perawatan ayam kate tidak sulit, sama seperti ayam pada umumnya, mulai makanan hingga kandangnya. “Tiap tiga bulan sekali, ayam kate harus disuntik vaksin agar tidak terkena flue burung,”jelasnya.(leh)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts