Blogger news

Author

Foto Saya
danang tri febrianto
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Pages

peternakan

Populasi sapi potong di Indonesia pada tahun 2007 mencapai  11,3 juta ekor (Data Ditjen Peternakan).  Angka yang cukup fantastis dan melebihi target yang sudah ditetapkan oleh Deptan yaitu 10,9 juta ekor (Agrina, 2008). Begitu juga halnya dengan sapi perah, menurut pihak DPP PPSKI menuturkan bahwa susu segar dalam negeri pernah mencapai rasio 1:1 dengan susu impor. Ini berarti susu segar dalam negeri mampu memasok sekitar 50% kebutuhan susu nasional (PoultryIndonesia.com). 
Namun pada perjalanannya seiring dengan banyak permasalahan yang ada di lapangan seperti pemotongan sapi betina produktif, masalah penyakit eksotik, arus daging dan susu impor yang tidak terkendali dan kebijakan pemerintah yang masih dirasa berat sebelah membuat pencapaian tersebut mengalami penurunan dalam setiap tahunnya. Diprediksi pemotongan sapi yang terjadi mencapai 1,7 juta ekor/tahun. Bahkan  saat ini kebutuhan daging nasional dipenuhi oleh daging impor sebanyak 30 %. 
Seiring dengan permasalahan yang ada, tentunya akan muncul banyak peluang yang akan menjadi solusinya.  Potensi pengembangan sapi akan terus menganga sejalan dengan Program Percepatan Swasembada Daging Sapi (P2SDS) pada 2010 yang dicanangkan oleh pemerintah.   
Suatu keniscayaan apabila dilakukan budidaya dan pemeliharaan yang tepat secara intensif, efisien serta berkesinambungan sehingga kita mampu bersaing dengan negara lain untuk memenuhi kebutuhan daging dan susu dalam negeri sampai pada tingkat ekspor.  Tentunya perlu banyak pihak yang bisa mendukung upaya ini.

Oleh karena itu, Kampoeng Ternak sebagai lembaga yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat peternak  bermaksud menawarkan Pelatihan Dasar Aplikatif Usaha Ternak Sapi bagi masyarakat baik secara individu, kelompok maupun instansi yang berminat terjun berbisnis melalui usaha beternak sapi.


B. Tujuan
  1. Meningkatkan pemahaman dan wawasan  masyarakat terhadap usaha ternak sapi di Indonesia
  2. Memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan praktis bagi masyarakat yang akan bergerak di bidang usaha peternakan sapi
  3. Membantu perusahaan yang ingin melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan dengan pemberdayaan ekonomi berbasis peternakan sapi
  4. Membuka dan memperluas jaringan produksi dan pemasaran sapi

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts